Dahnil Anzar Simanjuntak segera diperiksa terkait kasus dana kemah

Dahnil akan diperiksa penyidik korupsi dana Kemah dan Apel Pemuda Islam Indonesia.

Dahnil Anzar Simanjuntak sesaat sebelum menjalani pemeriksaan. Antara Foto

Ketua Umum Pengurus Pusat Pemuda Muhammadiyah, Dahnil Anzar Simanjuntak akan kembali diperiksa oleh penyidik Polda Metro Jaya terkait kasus dugaan tindak pidana korupsi dana Kemah dan Apel Pemuda Islam Indonesia yang diinisiasi oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

Kepala Subdirektorat Tipikor Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya, AKBP Bhakti Suhendarwan, mengatakan Dahnil akan diperiksa penyidik sebagai saksi terkait kasus tersebut. Adapun waktu pemeriksaan terhadap Dahnil pun penyidik belum bisa memastikannya.

Selain bakal memeriksa Dahnil, kata Bhakti, pihak penyidik Polda Metro Jaya baru saja merampungkan pemeriksaan terhadap sejumlah saksi di Jawa Tengah secara intensif. “Pemeriksaan terhadap beberapa saksi tersebut berlangsung selama 3 pekan,” kata Bhakti.

Menurutnya, para saksi yang diperiksa tersebut memahami perencanaan bahkan hingga terealisasinya pelaksanaan kegiatan kemah dan apel pemuda Islam tersebut yang berlangsung di Pelataran Candi Prambanan, Jawa Tengah.

Terkait kasus ini, Kuasa Hukum Majelis Hukum dan HAM Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Trisno Rahardjo, meminta pemeriksaan saksi-saksi dalam kasus dugaan penyelewengan dana kemah Pemuda Islam Indonesia 2017 dilakukan secara merata. Tidak hanya terfokus pada Pemuda Muhammadiyah.