Dari Papua Mentan Syahrul cetak SDM petani muda

Langkah ini, kata Mentan, penting dilakukan mengingat Papua adalah daerah subur dengan lahan pertanian yang belum tergarap maksimal.

Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo. Foto Dokumentasi Kementan.

Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo, mendorong, Provinsi Papua mencetak lebih banyak sumber daya manusia (SDM) pertanian unggul yang siap menjadi wirausahawan muda. Hal tersebut, untuk memperkuat sektor pertanian maju, mandiri dan modern. 

Menurut Mentan, langkah ini penting dilakukan mengingat Papua adalah daerah subur dengan lahan pertanian yang belum tergarap maksimal.

"Hari ini saya datang untuk mengatakan bahwa Papua adalah daerah yang hebat. Kalau begitu ayo kita Sama-sama bertani, karena Tuhan menciptakan tanah Papua ini luar biasa. Mataharinya bersinar, airnya mengalir, tanahnya subur dan peluang ekspornya terbuka lebar," ujar Mentan saat membuka Pelatihan Kewirausahaan Petani Milenial di Jayapura, Kamis, 2 Agustus 2021.

Dia mengungkapkan, pertanian adalah sektor yang terbukti tangguh karena disaat dunia terguncang akibat pandemi,  pertanian tetap tumbuh dan bahkan mampu menjadi penyumbang terbesar untuk pemulihan ekonomi nasional.

"Tahun lalu ekspor kita naik 15% disaat Covid-19. Sekarang ini di kuartal 1 Januari sampai April tumbuh sekitar 40%. Kalau ibarat emas, pertanian itu 100 karat yang ada di depan kita Pak, dan pertanian itu adalah lapangan kerja yang selalu terbuka," katanya.