Unjuk rasa menolak Otsus Papua berlangsung, situasi diklaim tetap aman

Aksi unras tolak Otsus Jilid II terjadi di lima wilayah.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Musthofa Kamal. Dok Polda Papua.

Polri memastikan situasi keamanan di Papua hingga kini aman dan kondusif. Namun, tidak dipungkiri, hari ini unjuk rasa (unras) memang benar terjadi dengan tuntutan menolak Otsus Papua Jilid II.

"Sejauh ini situasi di Papua aman dan tetap kondusif. Memang benar ada beberapa aktivitas unras," kata Kepala Bagian Penerangan Umum Mabes Polri, Kombes Gatot Repli saat dihubungi, Selasa (10/5).

Sementara, Kabid Humas Polda Papua, Kombes Ahmad Musthofa Kamal menerangkan, aksi unras diselenggarakan di Kota Jayapura, Kabupaten Jayawijaya, Kabupaten Biak Numfor, Kabupaten Yahukimo, dan Kabupaten Deiyai.

Kamal menyebut, Polda Papua dan Polresta Kota Jayapura telah melakukan patroli dan penyekatan, serta razia di beberapa titik untuk mengantisipasi berkumpulnya massa yang lebih banyak. Selain itu Polres jajaran juga menyiapkan personel gabungan untuk mengatisipasi aksi demo di wilayahnya masing-masing.

“Untuk situasi secara keseluruhan di Provinsi Papua sampai saat ini relatif aman dan kondusif, personel gabungan masih melakukan pengamanan di titik-titik Kumpul massa. Dibeberapa wilayah massa telah membubarkan diri dengan aman,” ucap Kamal.