Deretan Pati Polri dapat promosi termasuk Kapolda Metro Jaya

Kapolri Jenderal Pol Idham Azis memberikan promosi kepada sejumlah pejabat tinggi (pati) Polri.

Kapolri Jenderal Pol Idham Azis mempromosikan Kapolda Metro Jaya Irjen Gatot Eddy Pramono sebagai Wakil Kapolri menggantikan Komjen Ari Dono. / Antara Foto

Kapolri Jenderal Pol Idham Azis mempromosikan Kapolda Metro Jaya Irjen Gatot Eddy Pramono sebagai Wakil Kapolri menggantikan Komjen Ari Dono. Promosi tersebut berdasarkan surat telegram (ST) nomor ST/3330/XII/KEP./2019.

Ari Dono digantikan lantaran akan pensiun pada 31 Desember 2019.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Mabes Polri Brigjen Argo Yuwono membenarkan ST tersebut. Ia mengatakan promosi jabatan tersebut adalah hal yang biasa terjadi di Polri.

"Ya benar, TR Wakapolri sudah keluar. Mutasi ini adalah hal yang alami dalam organisasi Polri sebagai tour of duty dan tour of area, penyegaran, promosi dan dalam rangka performa kinerja organisasi menuju SDM unggul dan promoter,” ujar Argo saat dikonfirmasi Alinea.id, Jumat (20/12).

Promosi jabatan Gatot Eddy terbilang menjadi suatu yang baru di Polri. Pasalnya, selama ini status Wakapolri selalu dijabat oleh seorang perwira tinggi yang telah memiliki pangkat Komjen. Sementara, Gatot sendiri berpangkat Irjen dan baru akan memperoleh pangkat Komjen setelah promosi ini.