Tiba di Arab Saudi, Menhub tawarkan peningkatan kerja sama penerbangan haji

Peningkatan kerja sama diharapkan dapat memulihkan kembali industri penerbangan dan perekonomian masyarakat.

Ilustrasi. Foto Pixabay.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menawarkan peningkatan kerja sama di sektor penerbangan untuk haji, umrah, dan pariwisata kepada sejumlah pihak di Mekkah, Jeddah dan Riyadh. Hal tersebut dilakukan Budi di sela-sela lawatannya ke Arab Saudi, Minggu (18/12).

Peningkatan kerja sama diharapkan dapat memulihkan kembali industri penerbangan dan perekonomian masyarakat setelah terdampak pandemi.

Budi tiba di Arab Saudi setelah sebelumnya melakukan kunjungan kerja ke Asia Selatan dan Timur Tengah. Setiba di Arab Saudi, Budi disambut oleh Wakil Menteri Transportasi Arab Saudi Saad bin Abdul Aziz Al-Khalab. Kemudian Budi bertemu dengan Menteri Umrah dan Haji Arab Saudi Tawfiq Al-Rabiah, Menteri Transportasi dan Logistik Arab Saudi Saleh Al-Jasser, dan Direktur Jenderal Saudi Airlines Ibrahim-Al Omar. Selain itu, Budi juga bertemu dengan mantan Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Muhammad Saleh Banten.

Saat bertemu dengan kedua Menteri Arab Saudi, Budi menceritakan terkait penerbangan umrah melalui Bandara Kertajati, Jawa Barat, yang telah berlangsung secara reguler, dan mengapresiasi dukungan pemerintah Arab Saudi yang telah membantu memberikan slot penerbangan umrah kepada Indonesia melalui Bandara Kertajati.

“Saat ini Garuda Indonesia dan Lion Air sudah beroperasi. Ke depan kami mendorong Saudi Airlines untuk dapat melayani penerbangan umrah dari dan ke Kertajati. Pada tahun 2023, kami akan jadikan Bandara Kertajati sebagai embarkasi haji,” ucap Budi.