Di balik viralnya jalan di Lampung yang rusak parah

Jalan rusak tidak hanya terjadi di Provinsi Lampung. Lebih sepertiga jalan kabupaten/kota di Indonesia rusak dan rusak berat. Simak datanya.

Ilustrasi. Alinea.id/Aisya Kurnia.

Warga bersorak sorai. Arinal Djunaidi pun bertepuk tangan. Sejurus kemudian, Gubernur Lampung itu tertawa. Itu terjadi setelah Presiden Joko Widodo memastikan sebagian jalan di Lampung yang bertahun-tahun rusak akan diperbaiki pemerintah pusat. Karena jalan itu sudah lama rusak.

"Semangatnya kita ingin memperbaiki, jalan-jalan yang kita lihat baru saja tadi, baik jalan kabupaten, provinsi, jalan kota rusak parah. Masyarakat harus tahu, ada tanggung jawab jalan nasional di pemerintah pusat, jalan provinsi di gubernur, jalan kabupaten di bupati/wali kota," kata Jokowi setelah meninjau jalan rusak di Lampung, Jumat (5/5).

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu kemudian menyampaikan, pemerintah pusat akan menggelontorkan dana sebesar Rp800 miliar untuk perbaikan jalan di Propinsi Lampung. Anggaran itu untuk perbaikan 15 ruas jalan di Lampung.

Warga yang mendengar itu lantas mengucap syukur. Arinal yang berdiri persis di belakang Jokowi juga terlihat tertawa dan ikut mengucap syukur. "Alhamdulillah," ujar Arinal.

Kerusakan jalan di Lampung membetot perbincangan publik setelah ada kritik dari akun TikTok Awbimax Reborn, yang dimiliki Bima Yudho Saputro. Kritikan tersebut viral dan berbuntut pelaporan Bima ke kepolisian oleh kuasa hukum Pemprov Lampung. Karena banjir kritik, laporan dicabut.