Di forum G20, Menkominfo tekankan keamanan digital

Johnny menyebut, pemerintah menekankan kerja sama transformasi digital yang lebih inklusif, memberdayakan, dan berkelanjutan.

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate berbicara dalam Sesi High Level Dialogue: Towards Digital and Data Governance for All UNCTAD e-Commerce Week secara virtual dari Jakarta Pusat, Senin (25/4/2022).

Pemerintah Republik Indonesia melalui Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G. Plate, mendorong peningkatan konsensus di tingkat global untuk mengantisipasi pesatnya pertumbuhan ekonomi digital. Menurut dia, isu tersebut menjadi pembahasan utama dalam Kelompok Kerja Ekonomi Digital atau Digital Economy Working Group (DEWG).

Johnny menyebut, pemerintah Indonesia menekankan kerja sama transformasi digital yang lebih inklusif, memberdayakan, dan berkelanjutan. Oleh karena itu, Presidensi G20 Indonesia mendorong komunalitas untuk menumbuhkan kesadaran global akan pentingnya konektivitas jaringan fisik dan interkonektivitas sosial, serta keamanan digital.

"Sebagai Presidensi G20 tahun ini melalui kepemimpinan pertama Kelompok Kerja Ekonomi Digital G20, Indonesia mempromosikan tema mencapai pemulihan yang tangguh. Tema ini juga mencakup tiga isu prioritas yaitu, pertama, konektivitas dan pemulihan pasca Covid-19. Kedua, keterampilan digital dan literasi digital, serta ketiga, aliran data bebas dengan kepercayaan dan aliran data lintas batas," kata Johnny dalam keterangan pers, Selasa (26/4).

UNCTAD e-Commerce Week merupakan forum untuk membahas peluang dan tantangan pembangunan yang terkait dengan ekonomi digital. Dialog Tingkat Tinggi yang diselenggarakan UNCTAD berlangsung secara virtual dari 25 hingga 29 April 2022. 

Lewat dialog itu, UNCTAD mendengarkan perspektif dari pemerintah dan pemimpin bisnis, dan pemikir mengenai cara memastikan agar lonjakan data digital membawa manfaat bagi masyarakat.