Setelah dikomplain, Menhub perbaiki layanan jemaah umrah di bandara

"Dengan fasilitas yang baik, kita lebih percaya diri untuk memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat."

Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi (jongkok kanan depan), berbincang dengan calon jemaah umrah di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, pada Jumat (23/12/2022). Dokumentasi Kemenhub

Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, memeriksa ruang santai (lounge) untuk calon jemaah umrah di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, pada Jumat (23/12). Langkah ini dilakukan menyusul adanya komplain dari para pengguna.

"Beberapa waktu lalu, kami menerima komplain bahwa Terminal 3 tidak menampung dengan baik jemaah umrah," katanya di Bandara Soekarno-Hatta.

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) pun memperbaiki kebijakannya. Misalnya, memindahkan sebagian penerbangan internasional ke Terminal 2F dan memberikan area lounge bagi calon jemaah umrah agar lebih nyaman selagi menunggu penerbangan. 

"Tadi saya lihat saudara-saudara kita yang umrah sudah diberikan fasilitas lounge. Para jemaah bisa duduk dengan baik, ada air conditioner (AC), makanannya juga cukup terjangkau. Saya imbau, gunakan fasilitas ini dengan maksimal. Dengan fasilitas yang baik, kita lebih percaya diri untuk memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat," tuturnya.

Di sisi lain, Budi Karya menilai, sektor transportasi udara di Indonesia mengalami pertumbuhan. Pangkalnya, tren penerbangan meningkat pada musim libur Natal 2022 dan tahun baru 2023 (Nataru).