Ditarik dari KPK, Irjen Firli jadi Kapolda Sumsel

Irjen Pol Firli ditarik dari KPK kembali ke Polri untuk promosi jabatan sebagai Kapolda Sumsel.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Mabes Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo./ Antara Foto

Polri menarik Irjen Firli dari penugasannya di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk mendapatkan promosi jabatan. Ia merupakan penyidik KPK yang namanya disebut terlibat dalam konflik internal KPK.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Mabes Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan, Irjen Firli mendapat promosi jabatan sebagai Kapolda. Penarikan Firli dari penugasan di KPK dilakukan karena Polri membutuhkan kontribusinya secara langsung. 

“Firli ditarik kembali dari KPK ke Polri karena dibutuhkan organisasi dan mendapat promosi menjadi Kapolda Sumsel (Sumatera Selatan),” ujar Dedi melalui pesan singkat, Jumat (21/6).

Promosi jabatan terhadap Firli tertuang dalam surat telegram resmi yang ditandatangani oleh Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian. Surat tersebut teregistrasi dengan nomor ST/150/VI/Kep.2019 tanggal 20 Juni 2019.

Irjen Pol Firli menempati jabatan Kapolda Sumatera Selatan (Sumsel) menggantikan Irjen Pol Zulkarnain. Setelah digantikan Firli, Zulkarnain akan mengisi jabatan Kakorpolairud Baharkam Polri.