Ditunjuk Jokowi pimpin KKP, SYL: Ini pekerjaan besar

Jokowi tunjuk Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan ad interim.

Syahrul Yasin Limpo ditunjuk sebagai Menteri Pertanian Kabinet Indonesia Maju. Semasa menjadi Gubernur Sulawesi Selatan, ia terbilang sukses di sektor pertanian./Antara Foto

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan ad interim.

SYL menggatikan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan yang saat ini melakukan kunjungan kerja ke luar sejak kemarin hingga 10 Desember mendatang. Penunjukan SYL ini berdasarkan Surat Menteri Sekretaris Negara Nomor 8-918 Tahun 2020.

Tanpa buang waktu, Syahrul meminta jajaran Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) agar fokus menyiapkan kebijakan-kebijakan di 2021 mendatang, selain menngeksekusi program-program KKP yang sudah bergulir.

"Tentu saja percepatan untuk mempersiapkan langkah-langkah 2021, kini menjadi konsentrasi-konsentrasi saya bersama Sekjen, Irjen dan seluruh Dirjen," kata SYL via keterangan tertulis KKP, Kamis (3/12).

SYL kemudian membeberkan tugas terbesar yang diembannya, di antaranya adalah merampungkan segala program, aktivitas faktual, administrasi maupun keuangan yang sudah berjalan.