DIY berencana perpanjang PPKM mikro hingga 5 April

Akan ada dua kebijakan baru dalam PPKM mikro mendatang.

Personel kepolisian menyosialisasikan bahaya Covid-19 kepada pengendara di perbatasan Kota Surabaya-Kabupatan Sidoarjo, Jatim. Foto Antara/Umarul Faruq

Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) berencana memperpanjang Pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) mikro hingga 5 April 2021. Alasannya, kebijakan tersebut dinilai mampu menekan penularan kasus terkonfirmasi positif Covid-19.

"Namun demikian, untuk Lebaran, sampai hari ini belum diatur," ucap Sekretaris DIY, Kadarmanta Baskara Aji, di Kompleks Kepatihan, Kota Yogyakarta, Kamis (18/3). Kebijakan tersebut akan berakhir pada 22 Maret nanti.

Apabila PPKM mikro nantinya jadi diperpanjang, akan ada dua kebijakan baru. Pertama, mengizinkan pembelajaran tatap muka secara terbatas bagi mahasiswa.

"Serta untuk pertunjukan seni budaya, dapat dilaksanakan dengan protokol kesehatan (prokes) dengan maksimal penonton sebanyak 25% dari kapasitas," sambungnya.

Aji melanjutkan, tren penularan Covid-19 di DIY cenderung stabil. Karenanya, bakal melakukan uji coba pembelajaran tatap muka bagi SMA dalam waktu dekat.