Komnas Perempuan dorong parpol ruang aman dari kekerasan seksual jurnalis

Penciptaan ruang aman dari kekerasan seksual perlu diperkuat dengan edukasi kepada petugas keamanan perihal potensi kekerasan seksual.

Ilustrasi korban kekerasan seksual. (Sumber: iStock)

Komnas Perempuan mendorong setiap partai politik menciptakan ruang aman bagi para jurnalis, khususnya jurnalis perempuan yang melakukan peliputan agenda politik jelang pemilihan umum (Pemilu) 2024.

Bukan tanpa sebab, dorongan ini disampaikan usai seorang jurnalis perempuan menjadi korban pelecehan seksual oleh orang tak dikenal saat meliput acara parpol yang dihadiri ribuan massa baru-baru ini.

Komisioner Komnas Perempuan, Olivia Chadidjah Salampessy, menilai hal ini menjadi penting mengingat Indonesia telah memasuki tahun politik jelang penyelenggaraan pemilu serentak.

"Komnas Perempuan merekomendasikan setiap partai politik untuk membangun mekanisme pencegahan dan penanganan kekerasan seksual dalam acara-acara yang melibatkan massa," kata Olivia dikutip dari keterangan resmi, Kamis (16/2).

Olivia menuturkan, penciptaan ruang aman dari kekerasan seksual perlu diperkuat dengan edukasi kepada para petugas keamanan perihal potensi kekerasan seksual yang dapat terjadi, khususnya dalam kegiatan dengan melibatkan khalayak ramai.