'Dosa' pemerintah di balik penolakan RS atas pasien Covid-19

Minimnya pembinaan pemerintah menjadi penyebab timpangnya fungsi RS.

Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mardani Ali Sera menegaskan perwakilan partainya sempat dipanggil Presiden Joko Widodo (Jokowi). Alinea.id/Soraya Novika.

Orientasi bisnis Rumah Sakit (RS) sering kali mendominasi dibanding menjalankan fungsi sosial dan kemanusiaannya. Hal ini disebut-sebut menjadi penyebab banyaknya RS, khususnya swasta, menolak untuk menangani pasien coronavirus atau Covid-19.

Merespons hal tersebut, Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) PKS, Mardani Ali Sera menegaskan sudah seharusnya pemerintah turun tangan mendengar kabar ini. Apalagi datang dari Juru Bicara Istana untuk Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto.

"Jangan salahkan RS, ini salah pemerintah yang tidak membina RS. Semua institusi yang ada di negeri ini, keberadaannya tergantung dari pemerintah," ujar Mardani kepada Alinea.id, Jumat (20/3).

Mardani mengatakan, penyebab semakin timpangnya fungsi RS di Tanah Air lantaran meminimnya pembinaan dari pemerintah. Pemerintah dinilai lebih menumbuhkan sisi kapitalisme sehingga menjadi realita seperti saat ini.

Anggota Komisi II DPR ini mendorong agar pemerintah tegas bemberi peringatan RS yang hanya berorientasi cari untung. Jika RS tersebut masih bandel, Mardani mendorong agar izin mereka disetop saja.