DPR cecar Menag soal konflik pendirian rumah ibadah

Menag Fachrul mengklaim telah mengantongi strategi mengantisipasi konflik pendirian rumah ibadah.

Menteri Agama Fachrul Razi saat erespons sejumlah isu aktual seputar kehidupan beragama di tanah air di Kantor Kementerian Agama, Jakarta, Selasa (18/2)/Foto Antara/ Risyal Hidayat

Menteri Agama (Menag), Fachrul Razi dicecar ihwal maraknya konflik pendirian rumah ibadah oleh Ketua Komisi VIII DPR, Yandri Susanto.

Menurut politisi PAN ini, masih banyak terjadi konflik dalam pembangunan rumah ibadah di berbagai daerah. Untuk itu dia meminta Fachrul untuk mencari jalan keluar atau membuat rumusan guna meminimalisir peristiwa tersebut.

"Nah, ini bagaimana rumusan kita supaya tidak salah paham dan salah yang paham, Pak, di tengah-tengah masyarakat," papar Yandri di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (26/2).

Yandri menekankan, penting kiranya Kementerian Agama (Kemenag) merancang strategi mengenai kerukunan beragama. Pasalnya Indonesia merupakan negara Pancasila dan menjunjung tinggi keberagaman.

Merespons hal tersebut, Fachrul mengklaim telah mengantongi strategi untuk mengantisipasi konflik pendirian rumah ibadah yang masih kerap terjadi itu. Ia berjanji akan mencegah sebelum konflik muncul di masyarakat.