DPR klaim sudah kantongi tiga nama untuk pimpinan KPK

Sejauh ini, sudah ada 7 Capim KPK yang telah melakukan fit and proper test.

Calon pimpinan KPK Nawawi Pomolango (kiri) menjalani uji kepatutan dan kelayakan di ruang rapat Komisi III DPR RI, Jakarta. Antara Foto

Anggota Komisi III DPR, Mulfachri Harahap, mengatakan pihaknya sudah mengantongi nama-nama calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang layak memimpin lembaga antirasuah itu dalam lima tahun ke depan. Meski sesi fit and proper test belum selesai, Mulfachri sudah menyimpulkan dua atau tiga nama yang cocok untuk menjadi pemimpin KPK baru.

"Belum ada (pilihan), kan sudah ada 7 (capim KPK) yang sudah fit and proper test. Dari 7 ini, kalau saya memberikan sedikit kesimpulan ya, sudah ada dua atau tiga nama yang masuk nominasi," kata Mulfachri saat ditemui di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (12/9).

Politisi Partai Amanat Nasional ini menolak membocorkan nama dari tujuh capim KPK yang sudah masuk nominasi. Namun, berdasarkan uji kelayakan, ia menyimpulkan nama-nama itu berdasarkan presentasi dan penguasaan materi di depan anggota Komisi III.

"Anda (wartawan) tebak sendiri dong, siapa yang kira-kira presentasinya meyakinkan, siapa yang kira-kira penguasaan materinya cukup mumpuni, siapa yang kira-kira wawasan hukumnya bisa diandalkan untuk memimpin KPK ke depan. Saya kira itu basisnya," ujar politisi asal Sumatera Utara itu.

Uji kelayakan capim KPK dimulai Rabu (11/9). Ada lima capim yang mengikuti uji kelayakan di hari pertama, yakni Nawawi Pomolango, Lili Pintauli Siregar, Sigit Danang Joyo, Nurul Ghufron, dan I Nyoman Wara.