DPR minta Yasonna jelaskan pencopotan Dirjen Imigrasi Ronny F Sompie

DPR akan mempertanyakan alasan pencopotan Dirjen Imigrasi dalam rapat dengan Kemenkum HAM.

Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly bersiap mengikuti rapat kerja bersama Baleg DPR di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (16/1)/Foto Antara/Muhammad Adimaja

DPR bakal mempertanyakan alasan pencopotan Direktur Jenderal (Dirjen) Imigrasi Ronny F Sompie dari jabatannya oleh Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, Yasonna Hamonangan Laoly, dalam rapat yang diagendakan pekan depan. 

"Jadi saya akan tetap mempertanyakan dalam rapat yang akan datang dengan Kemenkum HAM. Apa sebenarnya yang salah dari sistemnya. Jadi tidak cukup hanya mencopot, harus dijelaskan apa yang terjadi," ujar Anggota Komisi III DPR, Hinca Panjaitan di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (28/1).

Sementara koleganya di Komisi III DPR Muhammad Syafii, juga mempertanyakan alasan pencopotan tersebut. Menurut dia, jika tindakan itu terkait dengan kasus Harun Masiku, Syafii justru membandingkan dengan penjahat lainnya yang pernah buron layaknya Harun.

"Kalau itu (karena Harun) alasannya, tapi kan banyak sekali penjahat kakap yang lain lolos luar negeri sebelum ini. Kalau ini kan hanya memberi informasi berbeda, dibilang masih di Singapura, tapi kata istrinya sudah di Indonesia," kata Syafii.

Menkumham Yasonna Laoly diketahui resmi mencopot Direktur Jenderal Imigrasi, Ronny F Sompie. Sebagai gantinya, Yasonna menunjuk Irjen Kemenkumham, Jhoni Ginting, sebagai Pelaksana Harian (Plh) Dirjen Imigrasi.