Dukung keselamatan operasional, KAI gandeng BMKG

Penandatangan MoU ini dalam rangka mengoptimalkan pemanfaatan informasi publik di bidang meteorologi dan geofisika.

ilustrasi. Kereta api di Stasiun Gambir. Alinea.id/Oky Diaz.

Sekretaris Utama Badan Meterorologi, Klimatologi dan Geofisika Dwi Budi Sutrisno, melakukan pendatanganan MoU dengan PT Kereta Api Indonesia (Persero) yang diwakili oleh Direktur Keselamatan dan Keamanan PT KAI (Persero) John Robertho, Rabu (24/11).

Dikutip dari laman BMKG, penandatangan MoU ini dalam rangka mengoptimalkan pemanfaatan informasi publik di bidang meteorologi dan geofisika, serta untuk mendukung keselamatan dan kelancaran kegiatan operasional di bidang perkerataapian.

Sekretaris Utama BMKG Dwi Budi Sutrisno mengaku, mengapresiasi PT KAI (Persero) karena telah mempercayakan BMKG dalam memberikan pelayanan informasi khususnya informasi cuaca dan kegempaan kepada masyarakat pengguna moda transportasi kereta api.

Dwi juga mengatakan, BMKG berupaya maksimal untuk memberikan layanan yang terbaik kepada PT KAI, agar kenyamanan, keamanan, dan keselamatan masyarakat pengguna layanan jasa KAI, khususnya yang berkaitan dengan informasi dan peringatan dini cuaca dan kegempaan, agar dapat termonitor dan terdiseminasi dengan baik, khususnya kepada para pengguna layanan jasa KAI.

Lebih lanjut, Dwi menuturkan ruang lingkup dari perjanjian kerja sama ini meliputi penyediaan dan pemanfaatan informasi publik dan informasi khusus, penyebarluasan informasi publik kepada pengguna jasa layanan perkeretaapian, pemberian pemahaman dasar di bidang meteorologi, klimatologi, dan geofisika dan pemanfaatan lahan untuk penempatan peralatan pengamatan.