Esok, petugas medis mulai ditempatkan di RS Pulau Galang

Pembangunan fasilitas RS Pulau Galang mencapai 92%.

Simulasi kesiapan personel medis dalam menangani proses pemindahan pasien khusus Covid-19 dari pesawat untuk dibawa ke RS Khusus Corona, di Pulau Galang, Batam/Foto Antara M N Kanwa.

Petugas medis dari TNI akan menempati rumah sakit (RS) darurat untuk pengendalian coronavirus (Covid-19) di Pulau Galang, Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau, mulai esok, Rabu (1/4/2020).

"Berdasarkan rapat koordinasi antara Kementerian PUPR, TNI, kontraktor BUMN, dan konsultan manajemen konstruksi pada Minggu (29/3/2020), kelengkapan furnitur akan masuk ke fasilitas eks Sinam mulai Minggu (29/3/2020), TNI akan mengelola dan mulai menempatkan petugas medis pada Rabu, 1 April 2020," demikian keterangan tertulis Biro Komunikasi Publik Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang diterima di Jakarta, Selasa (31/3).

Semula, fasilitas RS ditargetkan selesai pada 28 Maret 2020, namun karena kendala faktor pengiriman barang, termasuk material konstruksi, akibat cuaca buruk, maka target penyelesaian bergeser menjadi 5 April 2020.

Target ini disesuaikan dengan memperhatikan keterlambatan pengiriman material, pemasangan instalasi kesehatan, dan mobilisasi petugas medis.

Kini, pembangunan fasilitas observasi, penampungan, dan karantina untuk pengendalian infeksi penyakit menular tersebut telah mencapai 92%.