Fadli Zon bantah jadi menteri Jokowi

Fadli Zon menyebut informasi tersebut hanyalah sebuah isu tak berdasar.

Wakil Ketua DPR selaku Pimpinan Sidang Fahri Hamzah (kiri) berbincang dengan Wakil Ketua DPR Fadli Zon (kanan) saat Rapat Paripurna DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (17/9)./ Antara Foto

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon membantah isu yang menyebut dirinya bakal mengisi kursi menteri, dalam susunan kabinet pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin. Dia menyatakan, pihaknya tak turut campur dalam penyusunan kabinet.

"Engak lah, itu isu. Saya kira itu hak prerogatif Presiden," kata Fadli saat menghadiri pelantikan Jokowi dan Ma'ruf Amin di gedung MPR, Senayan, Minggu (20/10).

Fadli mengatakan, Partai Gerindra juga memiliki mekanisme internal dalam menentukan kadernya menduduki posisi di pemerintahan. Penentuan masuk kabinet Jokowi merupakan keputusan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto. 

"Kalau Gerindra semuanya diserahkan kepada Pak Prabowo untuk menentukan berkoalisi atau oposisi," jelas dia.

Rumor Gerindra masuk dalam kabinet menjadi perbincangan hangat beberapa minggu terakhir. Pihak Gerindra menyatakan menyerahkan sepenuhnya keputusan tersebut kepada Jokowi. Apabila diperlukan, Gerindra siap membantu Jokowi dalam lima tahun ke depan.