Fadli Zon: Penurunan angka kebakaran hutan karena faktor cuaca

Angka kebakaran hutan memang mengalami penurunan. Tapi itu bukan karena pencegahan yang diupayakan pemerintah.

Ilustrasi kebakaran hutan. Pixabay

Wakil Ketua DPR RI, Fadli Zon, mengatakan penurunan angka kebakaran hutan, terjadi bukan karena kinerja pemerintah dalam mencegah terjadinya kebakaran hutan. Melainkan karena lokasi hutan yang terbakar kerap diguyur hujan.

“Angka kebakaran hutan memang mengalami penurunan. Tapi itu bukan karena pencegahan yang diupayakan pemerintah. Akan tetapi, karena faktor cuaca,” kata Fadli Zon di Jakarta pada Kamis (21/2).

Menurut Fadli, upaya pemerintah mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan belum maksimal. Kasus kebakaran yang terjadi di Riau menambah panjang catatan angka kebakaran hutan. Karena itu, klaim pemerintah bahwa tak ada kebakaran hutan menjadi tidak relevan. 

“Komitmen pemerintah untuk mengantisipsi kebakaran hutan masih lemah. Harusnya kebakaran di Riau bisa diantisipasi apalagi kita baru dalam susana debat soal kebakaran hutan, tapi tetap saja terjadi," ujar Fadli .

Fadli menilai, upaya penegakan hukum yang dilakukan pemerintah untuk menindak pelaku pembakaran hutan tidak serius. Akibatnya, sampai saat ini kebakaran hutan masih terus terjadi meski jumlahnya mengalami penurunan.