Firli beber kinerja KPK selama 1 semester

KPK menangkap dan penahanan pelaku korupsi sebanyak 61 orang.

Ketua KPK Firli Bahuri saat berfoto bersama pimpinan MPR usai melakukan pertemuan di Gedung KPK sebelum pandemi, Jakarta, Senin (9/3)/Foto Antara/Aprillio Akbar.

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri menyampaikan hasil kenerja penanganan perkara korupsi selama Januari-Juni 2020.

Rinciannya, perkara penyidikan sebanyak 160 dan pemeriksaan saksi sebanyak 3.512 orang. Kemudian, pemanggilan tersangka dan penetapan tersangka sebanyak 85 orang.

KPK juga sudah melakukan penangkapan dan penahanan pelaku korupsi sebanyak 61 orang. Sementara tersangka yang belum ditahan sebanyak 24 orang.

Adapun perkara yang telah diselesaikan oleh KPK sebanyak 99 kasus, 82 di antaranya sudah incracht dan 17 perkara masih dalam proses penuntutan.

“Penyampaian capaian-capaian hasil kerja KPK selama satu semester ini tidak dimaksudkan untuk show off, tapi hanya sebatas menginformasikan apa-apa saja capaian kinerja, bahwa selama ini kami bekerja dan bekerja," terang Firli dalam keterangannya, Senin (27/7).