FPI ancam demo tiap Jumat jika Pemprov DKI tak jual saham bir

FPI ancam demo lebih besar seperti kasus penistaan agama yang menimpa Ahok.

FPI menggelar aksi demonstrasi menuntut DPRD DKI menyetujui Pemprov jual saham bir. Akbar Persada/Alinea.id

Front Pembela Islam (FPI) DKI Jakarta mengancam akan menggelar aksi demonstrasi berjilid yang akan dilakukan pada tiap Jumat. Aksi demonstrasi ini dilakukan jika DPRD tak juga menyetujui niat Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, yang hendak melepas saham milik Pemprov DKI sebesar 26,25% di perusahaan bir PT Delta Djakarta.

“Kami mendukung Pemprov DKI Jakarta. Jangan salahkan kami, kami akan ajak lagi majelis ta’lim yang ada di DKI untuk membuat demo yang lebih besar setiap Jumat lagi kaya penistaan agama waktu itu,” kata Imam FPI DKI Jakarta, Muchsin Alatas, di Jakarta pada Jumat, (8/3).

Dalam aksi unjuk rasa itu dihadiri ratusan massa yang berasal dari sejumlah organisasi masyarakat. Mereka menuntut Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi menindaklanjuti surat permohonan pelepasan saham yang telah dilayangkan Anies sejak pertengahan tahun lalu.

Adapun tuntutan itu pun disampaikan langsung kepada Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta, Mohamad Taufik, yang hadir dalam di tengah kerumunan massa. Politikus Partai Gerindra itu, menyatakan akan membicarakan tuntutan tersebut kepada para anggota DPRD lainnya.  

Dia menyadari untuk melepas saham PT Delta Djakarta perlu persetujuan mayoritas fraksi di DPRD DKI Jakarta, ini sesuai dengan Peraturan Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 19 Tahun 2016 tentang Pedoman Pengelolaan Barang Milik Daerah.