Gempa bumi di Papua, warga berhamburan lari keluar rumah 

Gempa Bumi tektonik tersebut berkekuatan 6,1 magnitudo.

Petugas tengah memperhatikan hasil perekaman seismograf. Foto: Beritadaerah

Sejumlah lokasi di Papua seperti di Kabupaten Mamberamo Raya, Kabupaten Sarmi, dan Kota Jayapura diguncang gempa bumi tektonik bermagnitudo 6,1 pada Senin, (24/6). Sejumlah warga yang berdomisili di Kabupaten Sarmi bahkan tampak lari berhamburan keluar rumah saat gempa mengguncang  pukul 10.45 WIT.

Salah satu warga Kampung Ansudu II di Kabupaten Sarmi, Yosua Tibut, mengatakan tetatangganya berlarian keluar rumah walaupun guncangan gempa itu tidak terlalu kuat. Mereka merasakan guncangan gempa bumi itu.

"Di Kampung kami guncangannya tidak terlalu kuat tetapi cukup lama sehingga membuat warga panik dan lari keluar rumah," kata Yosua pada Senin (24/6).

Berdasarkan informasi yang didapat dari keluarganya, Yosua mengatakan, guncangan gempa bumi itu sangat terasa di wilayah Sarmi Kota. Sebagian warga berlarian keluar dari rumah mereka karena guncangan gempa tersebut.

"Keluarga di Sarmi menyampaikan soal guncangan gempa itu, bahkan para pegawai yang bekerja di kantor juga terpaksa lari keluar karena guncangannya cukup kuat," katanya.