Golkar harap guru Sabil yang kritik Ridwan Kamil tak dipecat

"Mohon kiranya yang bersangkutan tidak dipecat sebagai guru, tetapi dibina, diperbaiki, dipulihkan kembali."

Golkar harap guru Muhammad Sabil Fadilah (kiri), yang mengkritik Gubernur Jabar, Ridwan Kamil (kanan), di media sosial Instagram, tak dipecat. Instagram/@sabilfadhillah

Seorang guru di Kabupaten Cirebon, Muhammad Sabil Fadilah, dipecat dari dua tempatnya mengajar. Ini buntut aduan Gubernur Jawa Barat (Jabar), Ridwan Kamil, kepada pihak sekolah melalui Instagram.

Mulanya, Sabil mengomentari kiriman Kang Emil, sapaan Ridwan Kamil, di Instagram. "Dalam Zoom ini, maneh teh keur jadi gubernur Jabar, atau kader partai, atau pribadi, @ridwankamil?".

Penggunaan "maneh" sebagai kata ganti orang kedua tunggal dinilai tidak sopan. Warganet, yang mayoritas pengikut Kang Emil, secara spontan dan masif lalu mencibir Sabil.

Wakil Ketua Komisi VIII DPR yang juga kolega Kang Emil di Golkar, Ace Hasan Syadzily, pun angkat bicara. Dirinya meminta pengelola sekolah tak memecat Sabil sebagai guru SMK Pondok Pesantren (Ponpes) Minbauul Ulum dan SMK Telkom Sekar Kemuning, Cirebon, sebagaimana permintaan Kang Emil.

"Saya kira sikap yang dilakukan Kang Emil, dengan imbauan untuk tidak melakukan pemecatan terhadap guru tersebut, sebaiknya diikuti oleh pihak yayasan," katanya di kantor DPP Golkar, Jakarta, pada Kamis (16/3).