Golkar Jakarta wacanakan Pansus Banjir

Guna mengetahui pasti penyebab 38 kecamatan terendam bah pada awal 2020.

Ketua Fraksi NasDem DPRD DKI Jakarta, Wibi Andrino (kanan), dan Ketua Fraksi Gerindra DPRD DKI Jakarta, Rani Mauliani (kedua kanan), saat meninjau lokasi banjir di Kelurahan Semanan, Kecamatan Kalideres, Jakarta Barat, Selasa (7/1/2020). Foto Alinea.id/Ardiansyah Fadli

Ketua Fraksi Golkar DPRD DKI Jakarta, Basri Daco, mengusulkan pembentukan Panitia Khusus (Pansus) Banjir. Menyusul terjadinya bah di Ibu Kota Negara, awal 2020.

Dengan adanya pansus, dia mengklaim, akan diketahui pasti pangkal banjir Jakarta. Karena bertujuan menemukan kebenaran dan fakta di lapangan.

"Kalau perlu, kita kumpulkan para ahli, akademisi. Untuk mencari tahu apa sebenarnya penyebab banjir dan apa solusinya," ujarnya kala mengunjungi korban banjir di Kelurahan Semanan, Kecamatan Kalideres, Jakarta Barat, Selasa (7/1).

Anggota Komisi E ini menambahkan, dirinya segera berkoordinasi dengan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) terkait. Guna menyelesaikan masalah drainase. Agar Semanan tak lagi keempohan setiap musim hujan.

"Salah satunya (penyebab banjir) adalah karena rusun yang di sebelah. Tadinya, di situ ada gorong-gorong besar untuk menyalurkan air dari sini ke kali besar. Sekarang saluran airnya jadi kecil," tuturnya.