Gubernur Anies dorong kemudahan akses literatur di Jakarta 

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan Taman Literasi Martha Christina Tiahahu.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan meresmikan Taman Literasi Martha Christina Tiahahu di kawasan Blok M, Jakarta Selatan, Minggu (18/9/2022). Foto dokumentasi Humas Pemprov DKI Jakarta.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, mendorong kemudahan terhadap akses literatur di Jakarta melalui ruang-ruang publik. Salah satunya, dengan meresmikan Taman Literasi Martha Christina Tiahahu yang berlokasi di kawasan Blok M, Jakarta Selatan, Minggu (18/9).

Taman yang diinisiasi oleh PT Integrasi Transit Jakarta (ITJ) ini merupakan salah satu bagian utama dalam pengembangan kawasan berorientasi transit Blok M-Sisingamaraja di Jakarta Selatan.

Anies memaparkan, terdapat 5.248 penerbit di Jakarta, serta lebih dari 30% toko buku modern Indonesia berada di kota ini. Di samping itu, jumlah pengunjung perpustakaan di 5.600 lokasi di Jakarta dalam satu tahun mencapai 4,5 juta.

"Jadi, sesungguhnya Jakarta ini adalah kota yang penuh dengan aktivitas literatur. Tapi, tidak memiliki simpul pertemuannya. Karena itu, kami bangunkan sebuah taman literasi untuk mengonsolidasikan itu semua, dalam sebuah tempat berkegiatan," kata Anies dalam keterangan resmi, dikutip Senin (19/9).

Pembangunan Taman Literasi Martha Christina Tiahahu telah dicanangkan pada 28 Oktober 2021. Taman seluas 20.960 meter persegi ini menjadi salah satu taman terluas di Jakarta Selatan.