Gugus tugas soal tes Covid-19 karyawan HM Sampoerna: Mengejutkan, ini besar banget

Jumlah kasus positif Covid-19 di PT HM Sampoerna berdasarkan hasil tes melalui metode PCR melebihi angka rata-rata 10%.

Petugas medis mengamati sampel darah dari pekerja yang mengikuti rapid test atau pemeriksaan cepat COVID-19 di Aula Serba Guna Kementerian Tenaga Kerja, Jakarta, Jumat (1/5/2020). Foto Antara/M Risyal Hidayat

Buruh PT HM Sampoerna Tbk menyumbang angka pasien positif Covid-19 di Surabaya. Berdasarkan hasil tes polymerase chain reaction atau PCR  gelombang pertama terhadap 46 karyawan pabrik rokok itu, 34 orang di antaranya dinyatakan positif Covid-19. 

Jumlah tersebut menjadi bagian dari total 58 kasus baru positif Covid-19 di Surabaya, yang diumumkan oleh Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, Jumat (1/5) malam. Dengan begitu, total pasien positif Covid-19 di Surabaya mencapai 496 orang.

Secara keseluruhan, terdapat total tambahan 80 kasus baru positif Covid-19 di Jawa Timur. Sementara itu, terdapat tambahan tiga orang pasien sembuh sehingga totalnya menjadi 165 orang. Adapun jumlah kasus kematian bertambah tujuh orang, sehingga menjadi 107 orang.

"Tambahannya 80 orang sehingga total kasus positif COVID-19 di Jatim saat ini jumlahnya 1.031 orang," ujar Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa di Gedung Negara Grahadi di Surabaya,  Jumat (1/5) malam.

Ketua Rumpun Kuratif Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Jawa Timur dr Joni Wahyuhadi mengatakan, hasil tes PCR yang dilakukan terhadap karyawan PT Sampoerna itu mengejutkan karena melampaui angka rata-rata. Lazimnya, hasil positif dari tes PCR yang dilakukan tak lebih dari 10%.