Hidup berdampingan dengan Covid-19, Menkes siapkan roadmap

Jokowi menekankan perlunya peningkatan tracing dan testing.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin saat memberikan keterangan pers di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (29/12/2020). Foto: Humas/Rahmat/setkab.go.id

Pemerintah kembali memperpanjang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 2, 3, dan 4 di sejumlah wilayah Jawa dan Bali hingga 16 Agustus 2021.

Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin, menyatakan, telah dapat arahan langsung Presiden Joko Widodo (Jokowi) bahwa masyarakat Indonesia akan hidup cukup lama dengan virus Covid-19.

"Arahan Bapak Presiden Jokowi ke depannya mungkin besar bhawa virus ini Covid-19 akan hidup cukup lama dengan kita. Kita harus memiliki roadmap kalau memang virus ini hilangnya membutuhkan waktu sampai tahunan," katanya dalam konferensi pers daring, Senin (9/8).  

Budi mengungkapkan, Presiden Jokowi mengingatkan agar protokol kesehatan (prokes) yang dimiliki saat ini bisa menjaga masyarakat untuk tetap hidup normal menjalankan aktivitas ekonomi. Namun, dengan kondisi yang lebih aman.

Presiden Jokowi juga memutuskan, nanti dalam menjalankan aktivitas harus akan menggunakan aplikasi PeduliLindungi sebagai dasar. Pemerintah berencana untuk memulai di beberapa mall, bekerja-sama dengan Asosiasi Mall Indonesia.