Hoaks, penyemprotan disinfektan di jalanan Jakarta

Kemkominfo membantah menyampaikan informasi penutupan jalan di Jakarta untuk penyemprotan disinfektan cegah coronavirus.

Ilustrasi hoaks./ Foto Pixabay

Kementerian Komunikasi dan Informatika atau Kemkominfo menyatakan informasi penutupan jalan di Jakarta untuk penyemprotan disinfektan guna menanggulangi penyebaran coronavirus adalah hoaks. Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kemkominfo Widodo Muktiyo membantah pihaknya menyebarkan informasi tersebut. 

"Hoaks itu. Bukan dari Kominfo," kata Widodo di Jakarta, Kamis (19/3).

Dalam informasi yang beredar di media sosial, tercantum tautan ke situs kominfo.go.id milik Kemkominfo. Informasi tersebut berisi daftar jalan di Jakarta yang akan disterilisasi guna mencegah penyebaran coronavirus.

Dalam hoaks yang beredar, disebutkan penutupan jalan dilakukan pada 19 Maret pukul 14.30 WIB sampai 22.00 WIB. Terdapat 29 ruas jalan yang disebut dalam kabar bohong tersebut.

"Dilarang untuk berpergian keluar rumah menggunakan kendaraan roda dua dan berjalan kaki. Dikarenakan akan ada pencegahan Covid-19 dengan penyemprotan disinfektan dosis tingkat satu melalui udara yang dapat alergi pada kulit dan gangguan pernafasan," demikian kutipan hoaks yang beredar.