Honorer bakal dihapus, Pemprov Banten ambil ancang-ancang

Ada sekitar 15 ribu pegawai honorer di bawah naungan Pemprov Banten.

Sejumlah tenaga honorer yang tergabung dalam Forum Honorer Kategori 2 (FHK2) mengelar aksi damai di halaman kantor Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Aceh Barat, Aceh, Kamis (22/11)/Foro Antara

Pemerintah melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) dan Komisi II DPR sepakat untuk menghapus pegawai honorer dari instansi pemerintahan.

Hal ini tertuang dalam rapat kerja (raker) seleksi CPNS Periode 2019-2020, Senin (20/1) kemarin, di Gedung Parlemen, Jakarta. Lalu, bagaimana nasib honorer di Provinsi Banten?

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Banten, Komarudin menjelaskan ada sekitar 15 ribu pegawai honorer di bawah naungan Pemprov Banten.

"Di Banten itu pegawai honorer meliputi guru dan pekerja administrasi itu ada sekitar 15 ribu orang," kata Komarudin saat dikonfirmasi, Rabu (22/1).

Dari angka tersebut, jelas Komarudin, ada sekitar 8.700 lebih guru honorer yang tersebar di berbagai sekolah SMA/SMK di Banten, dan ada 6 ribu lebih honorer non-ASN di lingkungan Pemprov Banten. Sementara pegawai berstatus PNS tercatat sebanyak 10.300 orang.