Imam Besar Istiqlal: PPKM darurat berhasil jika warga kompak

Langkah menekan mobilitas penduduk itu bertujuan untuk menjaga keselamatan jiwa dan kemaslahatan masyarakat.

Imam besar Masjid Istiqlal Prof KH Nasaruddin Umar. Foto: nu.or.id

Kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat dapat berhasil, jika masyarakat kompak untuk mensukseskan aturan. Langkah menekan mobilitas penduduk itu bertujuan untuk menjaga keselamatan jiwa dan kemaslahatan masyarakat.

Imam besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar optimistis kebijakan itu berhasil. Karenanya, ia mengajak seluruh masyarakat untuk patuh terhadap perpanjangan PPKM darurat hingga 25 Juli 2021 itu.

"Insya Allah, percayalah, kalau kita kompak, kalau kita bersama-sama mengindahkan protokol kesehatan yang telah ditetapkan, Allah akan sesegera mungkin mengangkat dari bumi tercinta kita Tanah Air Indonesia," ujar Nasaruddin Umar, di Jakarta, Rabu (21/7). 

Presiden Joko Widodo (Jokowi), Selasa (20/7), mengatakan, pemerintah harus menerapkan PPKM darurat meski berat. Hal ini dilakukan untuk menurunkan penularan Covid-19 dan mencegah lumpuhnya rumah sakit (RS) karena pasien melebihi kapasitas dan menjaga layanan kesehatan untuk pasien dengan penyakit kritis lainnya.

Jokowi menjelaskan, pemerintah selalu memantau dan memahami dinamika di lapangan. Pun mendengar suara-suara masyarakat yang terdampak PPKM darurat.