Jakarta tambah jalur sepeda sepanjang 500 km

Untuk tahap I, Pemprov DKI Jakarta akan membangun 63 km jalur sepeda. 

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kedua kanan) berbincang dengan warga ketika bersepeda di Jakarta, Jumat (20/9). / Antara Foto

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta tengah membangun infrastruktur untuk jalur sepeda. Diperkirakan, akan ada sepanjang 500 km untuk jalur sepeda.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, ada beberapa tahap dalam pembangunan jalur sepeda tersebut. Untuk tahap I, Pemprov DKI Jakarta akan membangun 63 km jalur sepeda. 

Jalur sepeda sepanjang 63 km yang akan disiapkan Pemprov DKI dibagi tiga fase. Untuk fase pertama, sepanjang 25 km dan diuji coba mulai 20 September hingga 19 November 2019.

"Kami memulai dengan menyiapkan jalur sepeda pada tiga fase ini sepanjang 63 km. Fase pertama sebanyak 25 km diutamakan di jalur-jalur yang kena kebijakan ganjil genap," ujar Anies di Balai Kota DKI, Jakarta, Jumat (20/9).

Pada fase pertama ini, rutenya adalah Jalan Medan Merdeka Selatan - Jalan MH Thamrin - Jalan Imam Bonjol - Jalan Pangeran Diponegoro - Jalan Proklamasi - Jalan Pramuka - Jalan Pemuda.