Pembangunan jalan Trans Papua sesuai jadwal

Pengerjaan pembangunan jalan maupun jembatan di sejumlah ruas Trans Papua terus berjalan dan dilaporkan berjalan aman.

Jokowi dan Menteri PUPR Basuki sedang berada di jalan Trans Papua./Setkab.

Pembunuhan karyawan PT Istaka Karya (Persero) oleh Kelompok Kriminal Sipil Bersenjata (KKSB) tidak membuat pembangunan infrastruktur terhenti di Papua. Pembangunan jalan Trans Papua terus dilakukan dan tetap sesuai jadwal.  

Kepala Balai Besar Pembangunan Jalan Nasional (BBPJN) Wilayah XVIII Papua Oesman Marbun mengatakan, pengerjaan pembangunan jalan maupun jembatan di sejumlah ruas Trans Papua dilaporkan terus berjalan dan dilaporkan berjalan aman. Hanya di Nduga saja yang dikecualikan. 

"Mudah-mudahan pembangunannya dapat dikerjakan tanpa gangguan keamanan sehingga hasilnya dapat dinikmati masyarakat," kata Marbun pada Rabu (5/12).

Kepala BBPJN Papua mengatakan saat ini berada di Wamena sambil memantau proses evakuasi kasus pembunuhan terhadap karyawan BUMN Istaka yang dilakukan KKSB. Khusus untuk pembangunan jembatan yang dikerjakan Istaka dihentikan sementara.

Marbun mengatakan belum dapat dipastikan sampai kapan penghentian pengerjaan pembangunan jembatan berlangsung karena tergantung berbagai faktor. Bila situasi sudah dinyatakan aman, maka pembangunan jalan dan jembatan di Kabupaten Nduga dilanjutkan kembali.