Jalur rel dwiganda Jatinegara-Cakung beroperasi Jumat ini

Jalur DDT yang baru, akan difungsikan untuk melayani pengoperasian Kereta Api (KA) jarak jauh dan KA lokal

Sejumlah petugas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi I Jakarta mendorong alat pemutar lokomotif (turn table) di Depo Loko Jatinegara, Jakarta, Senin (4/3)./AntaraFoto

Jalur rel dwiganda atau Double-double Track (DDT) lintas Jatinegara sampai Cakung akan beroperasi pada Jumat (12/4) atau tepatnya Kamis dini hari pukul 00.30 WIB. 

Kepala Balai Teknik Jakarta Banten Direktorat Jenderal Perkertaapian Kemenhub Jumardi mengatakan, jika DDT jalur Jatinegara-Cakung sepanjang 9,5 km ini beroperasi, maka jalur double track atau jalur yang ada saat ini, untuk melayani operasional KRL Commuter Line Jabodetabek. 

Sedangkan untuk jalur DDT yang baru, akan difungsikan untuk melayani pengoperasian Kereta Api (KA) jarak jauh dan KA lokal. Sehingga bisa mengurangi keterlambatan waktu untuk KA jarak jauh dan KA Commuter. 

"Memang pada awal operasi hari pertama, mengakibatkan keterlambatan layanan KA Commuter dua sampai enam menit, akibat penyesuaian operasi. Terutama KA Commuter dari arah Bekasi atau Cikarang," ujar Jumardi saat jumpa pers dengan awak media di Jakarta, Senin (8/4). 

Untuk itu, Kementerian Perhubungan bersama operator yaitu, PT KAI (Persero) dan PT KCI mengimbau kepada masyarakat pengguna jasa, untuk dapat menyesuaikan waktu perjalanan bagi yang akan menggunakan kereta api.