Jatim siapkan Rp2,384 T untuk tangani Covid-19

Dana akan digunakan untuk seluruh kegiatan penanganan covid-19.

Ratusan supir angkot terdampak pandemi Covid-19 mengantre paket bantuan dari Dinas Sosial di Manado, Sulawesi Utara, Selasa (31/3/2020). Foto Antara/Adwit B Pramono

Pemerintah Provinsi Jawa Timur melakukan refocusing kegiatan dan realokasi anggaran APBD untuk penanganan covid-19. Total dana yang disiapkan senilai Rp2,384 triliun.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengatakan, dana itu akan digunakan untuk seluruh kegiatan penanganan covid-19. Mulai dari kegiatan promotif dan preventif, kuratif, tracing, hingga penanganan dampak sosial ekonomi.

"Alokasi anggaran Rp2,384 triliun ini setara dengan 6,8% dari total APBD Provinsi Jawa Timur tahun 2020," kata di Khofifah di  Gedung Negara Grahadi di Surabaya, Jumat (3/4) malam.

Dia berharap bupati/walikota juga turut melakukan refocusing kegiatan dan realokasi anggaran 6-7% sehingga akan memberikan bantalan sosial  yang kuat untuk Jawa Timur. Hal ini sejalan dengan arahan pemerintah pusat agar daerah melakukan refocusing kegiatan dan realokasi anggaran untuk penanganan covid-19.

Mantan menteri sosial ini menegaskan, bantuan kepada masyarakat akan diberikan dalam bentuk sembako dan uang tunai. Data penerima bantuan sosial ini, merujuk pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).