Politikus senior Golkar ingatkan kadernya benahi partai

Partai politik menghadapi tantangan soal kemandirian dan biaya partai politik di tengah kondisi partai politik saat ini.

Presiden Joko Widodo dan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dalam acara HUT Partai Golkar./Antara Foto

Partai Golkar akan segera menyelenggarakan Musyawarah Nasional (Munas). Munas akan menunjuk Ketua Umum Partai Golkar baru pada Desember mendatang.

Tensi persaingan ketua umum partai pun makin panas, Politikus senior Partai Golkar Agun Gunandjar Sudarsa mengingatkan, agar kader Partai Golkar menjaga semangat membenahi partai. 

Momen pidato Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat HUT ke-55 Partai Golkar diharapkan bisa menjadi momen introspeksi dan motivasi bagi jajaran pengurus dan kader Partai Golkar. Seluruh kader semestinya memiliki semangat untuk membenahi Partai Golkar menjadi sebuah partai yang modern.

"Partai modern itu dibutuhkan dalam kehidupan demokrasi kita, yang masih bertumbuh," kata Agun kepada Alinea.id pada Jumat (8/11).

Menurut Agun, tantangan partai politik saat ini, tak terkecuali Golkar ialah kemandirian dan biaya partai politik. Selain itu, korupsi yang menggurita, hingga manajemen dan tata kelola partai yang bersifat oligarki dan pragmatisme.