Jelang PSBB, Anies koordinasi dengan Banten dan Jabar

Pemprov Jakarta hendak menerapkan PSBB pada Jumat, 10 April.

Pengemudi ojek daring menunggu orderan di kawasan Tanah Kusir, Jakarta, Selasa (7/4/2020). Foto Antara/Puspa Perwitasari

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, menyatakan, baru selesai berkoordinasi dengan Pemeritah Provinsi (Pemprov) Banten dan Jawa Barat (Jabar) terkait penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Harapannya, kebijakan bisa efektif menangani penyebaran coronavirus anyar (Covid-19).

"Kita barusan selesai melakukan koordinasi dengan Pemerintah Provinsi Banten dan Jawa Barat berkaitan dengan PSBB," ucapnya di Balai Kota Jakarta, Rabu (8/4). Koordinasi diadakan sore tadi.

Dia mengungkapkan, sisi barat, selatan, dan timur Jakarta berbatasan dengan Banten dan Jabar. Sehingga, koordinasi mesti dilakukan agar kota satelit memiliki pemahaman selaras tentang PSBB.

Tujuan lain, kebijakan Jakarta bisa diadopsi daerah penyangga, apabila ingin mengusulkan penerapan PSBB kepada Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

"Jadi yang kita kerjakan, pembatasan-pembatasan yang akan kita lakukan, itu nanti akan menjadi rujukan, supaya nanti kita punya pola yang sama," jelas eks Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini.