Jenazah Sutopo tiba di Tanah Air

Sutopo akan dimakamkan di tanah kelahirannya di Boyolali, Jawa Tengah.

Dua WNI menunjukkan foto Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho ketika dirawat di Modern Hospital Guangzhou, China, Minggu (7/7). /Antara Foto

Jenazah Kepala Pusat Data dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Minggu (7/7) sekira pukul 20.10 WIB. Jenazah Sutopo diterbangkan menggunakan pesawat Garuda GA899 dari dari Guangzhou, China. 

Jenazah diturunkan dari pesawat kemudian dibawa ke ruang kargo jenazah bandara untuk dibuka peti pelindungnya. Setelah itu, jenazah Sutopo akan dibawa ke rumah duka di Depok, Jawa Barat.

Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo telah tiba di ruang kargo jenazah Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta sekitar pukul 19.20 WIB untuk menyambut kedatangan jenazah. Doni tampak mengikuti proses pembongkaran pelindung peti jenazah. 

Kepala Biro Umum BNPB Bagus Tjahjono mengatakan, Doni akan mengiringi mobil jenazah ke rumah duka di Kota Depok, Jawa Barat. Di dalam mobil jenazah, istri Sutopo, Retno Utami Yulianingsih, juga akan turut mendampingi. "Ya, Kepala BNPB akan ikut ke rumah duka," katanya kepada wartawan. 

Setibanya di rumah duka, menurut Bagus, jenazah akan diserahterimakan oleh Kepala BNPB Doni Monardo kepada Menteri Luar Negeri Retno Marsudi. Dari rumah duka, jenazah kemudian akan diberangkatkan lagi ke Bandara Soekarno-Hatta dan diterbangkan ke Solo.