Jokowi bakal tinjau Jembatan Mataraman terdampak banjir

Presiden Jokowi bertolak menuju Provinsi Kalimantan Selatan.

Presiden Joko Widodo menggunakan masker saat meninjau RSD Covid-19 Wisma Atlet Kemayoran Jakarta, Antara Foto/Hafidz Mubarak A

Presiden Joko Widodo akan meninjau langsung Jembatan Mataraman yang menjadi penghubung Trans Kalimantan di perbatasan Kecamatan Astambul dan Mataraman, Kalimantan Selatan (Kalsel). Jembatan tersebut terputus akibat banjir pada Minggu (17/1) dini hari.

Mantan Wali Kota Solo itu terbang menuju Provinsi Kalimantan Selatan bersama rombongan terbatas dengan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, sekitar pukul 10.05 WIB.

Mengutip laman Sekretariat Negara, Jokowi dijadwalkan langsung meninjau lokasi terdampak bencana banjir yang berada di Kelurahan Pakauman, Kecamatan Martapura Timur, Kabupaten Banjar, dengan perahu karet.

Selepas kegiatan tersebut, Presiden dan rombongan terbatas akan kembali menuju Pangkalan TNI AU Syamsudin Noor untuk bertolak kembali menuju Jakarta.

Pemerintah melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) telah menyerahkan bantuan dana siap pakai senilai Rp3,5 miliar untuk penanganan banjir di Kalimantan Selatan tersebut. Anggaran itu diperuntukan untuk lima kabupaten yang terdampak banjir paling parah.