Jokowi didesak copot Menkes karena anggap enteng coronavirus

Terawan dinilai tak memahami kesehatan publik untuk membawa Indonesia keluar dari krisis pandemi COVID-19.

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto memberikan keterangan pers seusai meninjau RSPI Sulianti Saroso, Jakarta, Senin (02/03/20 ). Foto Antara/Rivan Awal Lingga.

Koalisi Masyarakat Sipil mendesak Presiden Joko Widodo mencopot Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto terkait penanganan pandemi coronavirus. Desakan muncul lantaran mantan Kepala RSPAD Gatot Soebroto itu dinilai menganggap enteng penyebaran COVID-19 di Indonesia.

Ketua Pusat Studi dan Kajian Migrasi Migrant CARE dan perwakilan koalisi, Anis Hidayah, mengatakan Terawan melakukan sejumlah kesalahan dalam menangani virus yang terdeteksi pertama kali di Wuhan, China tersebut.

"Kami mendesak Presiden Joko Widodo untuk mengganti Menkes Terawan dengan figur yang lebih paham kesehatan publik. Punya kepekaan krisis, yang akan memandu kita melewati krisis kesehatan terburuk ini," kata Anis melalui keterangan tertulis di Jakarta, Selasa (17/3).

Ketidakpahaman Terawan yang dia maksud, lantaran dokter yang mempopulerkan metode cuci otak itu pernah menyatakan pasien yang sembuh dari COVID-19 akan memiliki imunitas. Padahal, pengalaman negara lain menunjukkan sebaliknya. Hal lain yang dipersoalkan koalisi adalah tindakan Terawan yang dinilai gagal dalam mengkoordinasikan rumah sakit agar sigap melakukan pemeriksaan dan penanganan coronavirus.

"Ketiga, masih dimonopolinya pemeriksaan sampel hasil tes swab di Litbangkes Jakarta, yang memperlambat respons tanggap darurat," ujar Anis.