Jokowi: Kepercayaan internasional kepada RI meningkat tajam

Kepemimpinan Indonesia dalam forum global menjadi salah satu kekuatan yang ditunjukkan di tengah situasi krisis dunia.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat menyampaikan pidato dalam Sidang Tahunan MPR serta Sidang Bersama DPR dan DPD 2022, di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (16/8/2022). YouTube/Sekretariat Presiden RI

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengklaim, Indonesia sukses menunjukkan diri sebagai bangsa yang tangguh dalam menghadapi situasi global akibat pandemi Covid-19. Salah satunya, dibuktikan dengan meningkatnya kepercayaan internasional terhadap RI.

"Kepercayaan internasional meningkat tajam. Indonesia diterima oleh Rusia dan Ukraina sebagai jembatan perdamaian, diterima negara-negara besar walau geopolitik sedang panas," katanya dalam pidato pada Sidang Tahunan MPR serta Sidang Bersama DPR dan DPD 2022 di Kompleks Parlemen, Jakarta, pada Selasa (16/8).

Jokowi mengatakan, kepemimpinan Indonesia dalam forum global menjadi salah satu kekuatan yang ditunjukkan di tengah situasi krisis dunia. 

Dicontohkannya dengan kepercayaan sebagai Champions dari Global Crisis Response Group untuk penanganan krisis global. Indonesia juga menjadi tuan rumah Presidensi G20 pada 2022 dan Ketua ASEAN pada 2023 mendatang.

Menurut Jokowi, hal ini dapat menjadi kesempatan bagi RI untuk menjalin kerja sama internasional. "Artinya, kita berada di puncak kepemimpinan global dan memperoleh kesempatan besar untuk membangun kerja sama internasional," ujarnya.