Jokowi lantik Suharyanto jadi Kepala BNPB

Pelantikan berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 140/P Tahun 2021 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Kepala BNPB.

Prosesi pelantikan Mayjen TNI Suharyanto sebagai Kepala BNPB di Istana Negara, Jakarta, pada Rabu (17/11/2021). Tangkapan layar akun YouTube Sekretariat Presiden RI

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Mayjen TNI Suharyanto sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) di Istana Negara, Jakarta, pada Rabu (17/11). Dia menggantikan Letjen TNI Ganip Warsito yang memasuki masa pensiun.

"Bersediakah saudara diambil sumpah menurut agama Islam," ujar Jokowi sebelum membacakan sumpah jabatan.

"Bersedia," jawab Suharyanto. Pelantikan berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 140/P Tahun 2021 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Kepala BNPB.

Ketika tokoh agama meletakkan Al-Qur'an di atas kepala Suharyanto, Jokowi mendiktekan sumpah jabatan.

“Demi Allah, saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara,” tutur Jokowi.