Jokowi luncurkan logo IKN Nusantara: Yang milih ini rakyat

Filosofi logo tersebut dinilai sejalan dengan semangat pembangunan IKN Nusantara.

Presiden Jokowi meluncurkan logo ibu kota negara (IKN) Nusantara di Istana Negara, Jakarta, pada Rabu (32/5/2023). Dokumentasi Setkab

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meluncurkan logo ibu kota negara (IKN) Nusantara di Istana Negara, Jakarta, pada Selasa (30/5). Identitas visual tersebut bertema pohon hayat dengan beragam makna.

"Pohon hayat ini adalah pohon kehidupan dan kita semuanya berharap logo pohon hayat ini akan menginspirasi IKN untuk menciptakan tempat kehidupan baru bagi kita semuanya, yang menjadi sumber kehidupan bagi seluruh masyarakat Indonesia nantinya," ucapnya dalam sambutannya.

Jokowi menambahkan, logo ini memiliki filosofi yang sejalan dengan semangat pembangunan IKN Nunsatara: menumbuhkan rasa bangga dengan jati diri Indonesia sebagai negara dan bangsa yang besar serta majemuk. Logo tersebut diyakini bakal menggugah kesadaran masyarakat untuk menjaga alam dan lingkungan.

"Juga memperkuat ikhtiar, usaha kita bersama untuk berkontribusi bagi percepatan pembangunan ibu kota Nusantara kita, ibu kota masa depan Indonesia," katanya, melansir situs web Sekretariat Kabinet (Setkab).

Presiden Republik Indonesia @jokowi resmi memperkenalkan logo baru Ibu Kota Nusantara.

Setelah melalui proses pemilihan logo dengan turut melibatkan masyarakat Indonesia, Pohon Hayat Nusantara terpilih menjadi logo baru Nusantara. pic.twitter.com/oFQEdeaiHw