Jokowi minta vaksinasi di Kalsel dipercepat

Jokowi menyatakan, vaksinasi penting dilakukan untuk mengontrol laju penularan Covid-19 dan kembali menggerakkan perekonomian.

Presiden Jokowi (kemeja putih) menyaksikan simulasi vaksinasi Covid-19 di Kota Bogor, Jabar, Rabu (18/11/2020). Dokumentasi Setneg

Presiden Joko Widodo (Jokowi) berharap proses vaksinasi Covid-19 di Kalimantan Selatan (Kalsel) dipercepat mengingat hingga kini capaiannya masih di bawah 50%. Seluruh pihak-pihak terkait diminta bekerja sama untuk mewujudkannya.

"Ini perlu kerja keras," katanya saat meninjau vaksinasi se-Kalsel di Kota Banjarmasin, Kamis (21/10). "Saya minta seluruh kota dan kabupaten bekerja. Dandimnya, kapolresnya, kepala daerahnya, semua bersama-sama bekerja."

Jokowi menerangkan, vaksin bertujuan memberikan perlindungan kepada masyarakat sehingga dapat kembali beraktivitas seperti sedia kala dan perekonomian bergeliat. Selain itu, mengontrol laju penyebaran Covid-19.

“Vaksinasi ini penting kita lakukan untuk mengontrol laju penularan Covid-19, mempertahankan terus tren penurunan kasus Covid-19 di seluruh Tanah Air, dan kita ingin juga segera menggerakkan perekonomian yang ada di daerah-daerah dan menjaga pertumbuhan ekonomi nasional,” tuturnya.

Dirinya melanjutkan, pemerintah daerah (pemda) diminta berkoordinasi dan meminta tambahan jika stok vaksin habis. "Segera menyampikan ke pusat, ke Kemenkes atau ke saya."