Jokowi minta warga yang tak mudik diberi insentif

Jokowi minta Mensos membuat skema untuk warga yang tak mudik.

Presiden Jokowi saat Rapat Terbatas Pembahasan Perecepatan PembangunanTol/Foto Antara.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan Menteri Sosial (Mensos) Juliari Batubara untuk membuat skema insentif bagi masyarakat Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang (Jabodetabek).

Menurut Juliari, hal itu dilakukan sebagai salah satu penangan Covid-19, termasuk membantu masyarakat di tengah imbauan untuk tidak mudik dalam musim lebaran tahun ini.

"Ini sebenarnya Presiden (Jokowi) minta agar karena beliau belum melarang  mudik, jadi beliau meminta saya agar dipikirkan bagaimana bentuk semacam insentif bagi para calon pemudik dari Jakarta agar mereka tidak atau mengurungkan niatnya untuk mudik," kata Juliari saat melangsungkan Rapat Kerja (Raker) bersama Komisi VIII DPR secara virtual, Selasa (7/4).

Juliari mengatakan, bantuan insentif tersebut termasuk program Jaring Penagaman Sosial (JPS) yang memang telah disiasati pemerintah. Adapun anggaran yang akan disipakan, khusus untuk bantuan ini kurang lebih senilai Rp3,6 Triliun.

Kendati demikian, Juliari mengatakan, bentuk bantuan yang akan disalurkan bukan berupa Bantuan Langsung Tunai (BLT). Melainkam sembako senilai Rp600.000 per Kartu Keluarga (KK) yang dinilai kurang mampu setiap bulannya.