Jokowi resmi umumkan ibu kota baru di Kukar dan Penajam Paser Utara

Ibu kota dipindahkan dari Jakarta ke Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. 

Presiden Joko Widodo (tengah) didampingi Wapres Jusuf Kalla (kanan) dan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Sofyan Djalil memberikan keterangan pers terkait rencana pemindahan Ibu Kota Negara di Istana Negara, Jakarta, Senin (26/8)./Antara Foto

Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi mengumumkan pemindahan ibu kota dari Jakarta ke Kalimantan Timur. 

Dalam konferensi pers yang dilakukan di Istana Negara pada pukul 13.20 WIB, Presiden Jokowi didampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla dan lima menteri Kabinet Kerja. Dua Gubernur Provinsi, yakni Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan juga turut serta dalam konferensi pers tersebut. 

Presiden Jokowi menjelaskan, pertimbangan pemindahan ibu kota dari Jakarta bukanlah rencana yang baru. Sebab, sejak era Presiden Soekarno telah dicanangkan rencana pemindahan ibu kota. 

Bahkan setelah 74 tahun merdeka, kata Mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut, bangsa ini disebut belum pernah menentukan dan merancang ibu kota baru. Maka, saat ini dinilai waktu yang tepat untuk memindahkan ibu kota dengan sejumlah pertimbangan. 

Pertama, beban Jakarta yang dinilai sudah terlalu berat sebagai pusat pemerintahan, bisnis, keuangan, perdagangan, dan pusat Jawa.