Jokowi resmi umumkan Ibu Kota pindah dari Jakarta

Presiden Joko Widodo secara resmi mengumumkan pemindahan Ibu Kota Negara ke Kalimantan dalam pidato kenegaraan saat Sidang Tahunan MPR.

Presiden Joko Widodo secara resmi mengumumkan pemindahan Ibu Kota Negara ke Kalimantan dalam pidato kenegaraan saat Sidang Tahunan MPR. / Facebook Presiden Joko Widodo

Presiden Joko Widodo secara resmi mengumumkan pemindahan Ibu Kota Negara ke Kalimantan dalam pidato kenegaraan saat Sidang Tahunan MPR pada hari ini, Jumat (16/8).

Jokowi mengatakan pemindahan Ibu Kota dari Jakarta akan diumumkan secara resmi. "Sabar, tunggu saja besok," kata Jokowi saat meninjau persiapan Sidang Tahunan MPR di Gedung DPR/MPR Senayan Jakarta, Kamis (15/8).

Berdasarkan jadwal dari MPR RI, Presiden Joko Widodo akan berpidato pada sidang tahunan MPR RI mulai pukul 08.30 WIB, pidato kenegaraan mulai pukul 10.20 WIB, serta pidato penyampaian nota keuangan dan RAPBN 2020 pada sidang bersama DPR-DPD mulai pukul 14.00 WIB.

Secara terpisah, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang P.S. Brodjonegoro memastikan tidak akan ada akuisisi lahan atau ganti rugi di lahan yang jadi pusat pemerintahan baru karena tanah tersebut sudah dimiliki oleh pemerintah.

"Nantinya tidak ada proses apakah akuisisi lahan, ganti rugi lahan, dan segala macamnya," kata Bambang usai menghadiri bedah buku di Gedung Ombudsman RI, Kuningan, Jakarta Selatan.