Jokowi sebut Covid-19 di Jabar terkendali

Terkonfirmasi 7.694 kasus positif Covid-19 di Jabar hingga 11 Agustus.

Presiden Jokowi saat memberikan pengarahan kepada kepala daerah dalam rapat koordinasi secara virtual di Makodam III/Siliwangi, Kota Bandung, Jabar, Selasa (11/8/2020). Dokumentasi Pemprov Jabar

Presiden Joko Widodo (Jokowi) berpendapat, penanganan coronavirus baru (Covid-19) di Jawa Barat (Jabar) terkendali. Kilahnya, tidak ada zona merah atau berisiko tinggal pada 3-9 Agustus 2020.

"Rata-rata semua sudah pada posisi (zona) kuning dan hijau. Saya harapkan ini terus dipertahankan dan dikendalikan. Syukur (jika) yang kuning semua bisa dilarikan (menjadi zona) ke hijau," katanya di Makodam III/Siliwangi, Kota Bandung, Selasa (11/8).

Pada periode tersebut, terdapat 14 daerah berkategori zona oranye (risiko sedang) dan zona kuning di 13 kabupaten/kota. Sementara di level kecamatan, terdapat 228 wilayah (36%) merupakan zona hijau hingga 5 Agustus. 

Meski demikian, terdapat kenaikan kasus terkonfirmasi di sejumlah daerah. Rata-rata angka reproduksi efektif (Rt) Covid-19 di Jabar di angka 0,86 pada 28 Juli-9 Agustus.

Jokowi pun menyampaikan apresiasi kepada sejumlah pihak. Dari kepala daerah, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Gugus Tugas, tenaga medis, tokoh masyarakat, relawan, serta TNI dan Polri.