Jokowi kembali serukan jaga stabilitas politik jelang Pemilu 2024

Jokowi mengajak seluruh pihak menghindari gesekan atau perpecahan sosial dan tidak melakukan adu domba.

Presiden Jokowi di acara Bahaupm Bide Bahana Tariu Borneo Bangkule Rajakng (TBBR) di Pontianak, Kalimantan Barat, Selasa (29/11). Dok Setpres.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak masyarakat menjaga stabilitas politik jelang pelaksanaan pemilihan umum (Pemilu) serentak tahun 2024. Jokowi mengatakan, gesekan atau perpecahan di masyarakat harus dihindari demi terjaganya keamanan negara selama gelaran pemilu berlangsung.

Hal ini disampaikan Jokowi dalam sambutannya pada acara pembukaan Bahaupm Bide Bahana Tariu Borneo Bangkule Rajakng (TBBR) di Pontianak, Kalimantan Barat, Selasa (29/11).

"Sebentar lagi kita akan masuk ke tahun politik. Ini akan ada pilihan legislatif dan pilihan presiden dan wakil presiden. Saya titip, kita semua menjaga stabilitas politik," kata Jokowi.

Jokowi mengingatkan seluruh pihak untuk berhati-hati di tengah dinamika politik jelang Pemilu 2024. Ia menekankan, kondisi Indonesia dengan beragam suku ini harus bersama-sama menjaga keamanan dan menghindari adu domba di masyarakat.

"Jangan sampai ada yang gesekan, hindari. Jangan sampai ada yang benturan, hindari. Jangan sampai ada yang mengadu domba. Hati-hati, sekali lagi kita ini beragam suku, 714 suku, banyak sekali. Jangan sampai ada gesekan di tahun politik," ujarnya.