Jokowi sindir praktik Asal Bapak Senang di depan kepala daerah se-Indonesia

Presiden Jokowi menyebutkan, sudah enggak musim lagi sekarang ini yang namanya bawahan ABS.

Presiden Jokowi membuka Rakornas Kepala Daerah dan Forkopimda seluruh Indonesia di Sentul International Convention Center, Jawa Barat, Selasa (17/1/2023). YouTube/Sekretariat Presiden

Judul: Jokowi sindir praktik Asal Bapak Senang di depan kepala daerah se-Indonesia
Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta kepala daerah di seluruh wilayah Indonesia, agar rutin melakukan pengecekan terkait harga barang dan jasa di lapangan. Ini dilakukan sebagai upaya antisipasi terhadap kenaikan angka inflasi di tiap daerah maupun secara nasional.

Pesan ini disampaikan Jokowi saat membuka Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kepala Daerah dan Forkopimda seluruh Indonesia di Sentul International Convention Center, Jawa Barat, Selasa (17/1).

"Tolong, Bupati, Wali Kota, Gubernur, sering-sering masuk pasar. Cek betul di lapangan, apakah data yang diberikan itu sesuai dengan fakta-fakta di lapangan," kata Jokowi dalam sambutannya.

Jokowi menyoroti soal harga komoditas di pasaran yang mengalami kenaikan di sejumlah daerah, seperti harga beras, telur, dan daging ayam. Ia bahkan sempat menyinggung praktik Asal Bapak Senang (ABS) yang kerap jadi sorotan di instansi pemerintahan.

"Jangan sampai. Sudah enggak musim lagi sekarang ini yang namanya bawahan ABS. 'Baik Pak, enggak ada yang naik Pak, harga stabil Pak,' saya ajak cek langsung ke lapangan," ujar Jokowi.